“Menyelami Makna Dalam Lirik Lagu ‘Holong Na Margelleng'”

Lirik Lagu Holong Na Margelleng

Pendahuluan

Lagu adalah ungkapan jiwa yang melampaui batasan kata-kata. Musik mampu menggugah perasaan kita dan membangkitkan kenangan yang dalam. Sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, musik merupakan sarana ekspresi yang kuat dan universal. Salah satu contoh lagu yang memiliki makna mendalam adalah “Holong Na Margelleng”.

Sekilas Tentang “Holong Na Margelleng”

Intro:

[Instrumental]

Verse 1:

Holong na margelleng di rohakki
Molo tung na dapot ho ito
Hasian na margelleng di rohakki
Nang dinegeri dosa dohot dosa

Chorus:
Ai ho do rohangki au
Sala ho tuhan au
Ho Nauli Hu holan hami
Holu sahaparmatoanta hu

Verse 2:
Rupana tu borngin i saut ni parjalanganhu
Rasada au unang among dohot arsada au unang salpuhonmi
Ai ma tongtongon rohangki diring marsirangku didok nuaengmi, diboanakkon ni Oloanmi

(Chorus) x2

Bridge:
Marbakala alani ma inan mi di lambungku naumbaluhken tondiku (tondiku)
Di pakpak ki ulaon mi hasangapon au dohot ho nasidobanmi

Verse 3:
Marbakala alani ma inan mi di lambungku naumbaluhken tondiku (tondiku)
Di pakpak ki ulaon mi hasangapon au dohot ho nasidobanmi

(Chorus) x2

Outro:
Ai ho do rohangki au
Sala ho tuhan au
Ho Nauli Hu holan hami
Holu sahaparmatoanta hu

Membongkar Makna

Lirik lagu “Holong Na Margelleng” adalah ungkapan dari perjalanan spiritual seseorang yang menghadapi tantangan dan dosa dalam hidupnya. Lagu ini mengajak pendengarnya untuk merenungkan tentang pentingnya kesalehan dan memperbaiki diri menuju jalan yang benar. Melalui lirik yang dalam dan bermakna, lagu ini memberikan pesan moral yang sangat kuat.

Pesan Kegelapan Dosa

Versi pertama lagu ini membawa pendengarnya ke keadaan “holong na margelleng di rohakki”, yang secara harfiah berarti “hatiku tertutup oleh kegelapan”. Lirik ini menggambarkan perasaan orang yang merasa terjebak dalam perangkap dosa dan kesalahan. Namun, lirik tersebut juga menyadarkan kita akan pentingnya mencari jalan keluar dari kegelapan tersebut.

Pemulihan Spiritual melalui Tuhan

Salah satu pesan utama lagu ini adalah perlunya menghubungi dan meraih pertolongan Tuhan untuk memperbaiki hidup yang terjebak dalam dosa. Lirik “ai ho do rohangki au, sala ho tuhan au” menegaskan bahwa hanya dengan perlindungan dan pengampunan Tuhan kita dapat pulih dari kegelapan dalam hidup kita. Dalam Bahasa Indonesia, ini berarti “Tuhan, ampunilah dosaku dan jadikan aku pulih”.

Kesungguhan Pencarian Jalan Kebenaran

Lirik-lirik lainnya dalam lagu ini menjelaskan perjuangan seseorang mencari jalan hidup yang benar. Lirik seperti “rupo ma tongtongon rohangki diring marsirangku didok nuaengmi, diboanakkon ni Oloanmi” menerangkan tentang keinginan seseorang untuk meninggalkan kesalahan dan melangkah menuju pencerahan spiritual.

Kesimpulan

Lagu “Holong Na Margelleng” adalah sebuah karya seni yang memiliki makna mendalam. Melalui liriknya yang dalam dan berbobot, lagu ini mampu membangkitkan perasaan introspeksi dan mengajak pendengarnya untuk merenungkan akan pentingnya kesalehan dalam hidup. Dengan menggunakan lantunan musik sebagai medium ekspresi, lagu ini berhasil menyampaikan pesan-pesan moral yang bermakna secara emosional.