Cegah DM2 Dengan Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes

           Litefmjakarta.com, Jakarta - Prediabetes yang merupakan pencetus Diabetes Melitus Tipe 2 (DMT2) di Indonesia bagaikan fenomena gunung es. Banyak mereka yang sebenarnya sudah pada tahap prediabetes namun tidak menyadarinya. Karena itu deteksi dini dan pencegahan prediabetes menjadi sangat penting.

           "Deteksi dini prediabetes sangat penting sebagai upaya menekan tingginya angka DMT2, karena prediabetes tidak hanya menyerang kelompok usia tua. Namun, juga sudah ditemukan di kelompok usia muda serta produktif. Bahkan, data kami dari Puskesmas di Jakarta, ada yang masih SMA," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, dr Widyastuti MKM, di sela-sela acara “Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes” di Jakarta, Kamis (4/5/2017).

            Menurut dr Widyastuti, Dinkes DKI telah melakukan berbagai upaya edukasi dan pencegahan prediabetes dengan menerjunkan tim dari puskesmas yang langsung mengedukasi masyarakat tentang pencegahan prediabetes. Saat ini, pihaknya juga menjajaki kerjasama dengan beberapa Mall di Jakarta untuk melakukan edukasi prediabetes.

           “Saat ini sudah ada tiga Mall yang bekerjasama dengan Dinkes dalam edukasi pencegahan Prediabetes,“ jelasnya.

            Selain itu, lanjut dr Widyastuti, diperlukan edukasi pencegahan kepada mereka yang telah di vonis prediabetes. Mulai dari perubahan pola makan dengan mengurangi asupan gula, garam, dan lemak. "Selain itu, mengkonsumsi gizi seimbang. Ditambah lagi, aktifitas fisik. Mereka harus mengganti gaya hidup agar terhindar dari diabetes," ujarnya.

             Edukasi 100 Dokter Umum Puskesmas di DKI Jakarta