Articles

Ballack Terkesan Kinerja Conte di Chelsea

      Litefmjakarta.com, Jakarta - Michael Ballack terkesan dengan Antonio Conte yang telah mengubah total atmosfer di Chelsea usai mereka mengalami musim yang begitu buruk.

Chelsea finish di peringkat 10 Premier League musim lalu, atau yang terburuk sejak 1996.  Conte yang mendarat di London musim panas ini, sukses membuat tim kini duduk di puncak klasemen liga dengan keunggulan 10 angka, 10 laga menjelang berakhirnya kompetisi.

Ballack pun yakin sukses Conte terjadi berkat caranya membangun hubungan dengan para pemain.

"Saya benar-benar terkesan dengan mereka sepanjang musim ini. Antonio Conte datang dan dia membawa tim kembali ke level sebelumnya. Mereka unggul 10 angka di klasemen, di depan Tottenham dan Manchester City, tim yang punya ekspektasi tinggi," tutur Ballack kepada Express.

"Namun dia sepertinya punya akses yang bagus terhadap semua pemain dan mampu dengan cepat membangun hubungan dengan mereka, dan ini penting usai musim yang mengecewakan. Dia mengubah sistem dengan cepat, dan menarik untuk melihat bagaimana para pemain beradaptasi." Ujar mantan pemain Chelsea asal Jerman itu. (rah/mdrk)

Kemenpar Gelar Semarak Wayang Pesona Indonesia

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata menggenjot terus promosi pariwisata nusantara dengan melakukan terobosan-terobosan baru dalam upaya mensosialisasikan program Pesona Indonesia. Salah satu kampanye Pesona Indonesia melalui Seni Pertunjukan, seperti kemasan wayang yang dibungkus dalam kegiatan Semarak Wayang Pesona Indonesia yang akan digelar Jumat (24/3/2017) di Tugu Api Pancasila Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Bentuk dan materi kegiatan terdiri dari Workshop Wayang sebagai Atraksi Pariwisata Budaya kepada generasi muda khususnya beberapa siswa dan siswi sekolah tingkat SLTP dan SLTA di Jakarta. Acara dimulai pukul 16.00 17.00 WIB dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain: Gaura Mancacaritadipura (Budayawan) dan Praktisi Penyaji Wayang Golek yaitu Dalang Yudhi & Dalang Bayu, Penyaji Wayang Kulit oleh Dian Pradita Kusuma dan dilanjutkan pertunjukan Wayang Golek singkat lakon Begalan Dalang Cilik Aming ( 9 tahun).

Puncak acara pukul 20.00 – 00.00 WIB pentas karya bersama antara Wayang Kulit Dermayon Ki Dalang H.  Rusdi, Wayang Golek Banten Ki Dalang Mursidin dan penari wayang orang yang menjadi satu kesatuan dalam sebuah pertunjukan kolaborasi wayang yang harmonis. Pengantar pertunjukan: Prof. Dr. Arthur S. Nalan, M.Hum (Budayawan dan Pakar Seni Pertunjukan ISBI Bandung). Target pengunjung diharapkan bisa 10.000 penonton dan transaksi total sejumlah Rp. 1 milyar dengan shadow management yaitu VIP.Com (inke maris group)-Jakarta.

Kemenpar mempunyai target menjadikan pertunjukan wayang lebih atraktif dan komunikatif dan dapat dijadikan sebagai atraksi wisata budaya yang dapat ,menarik minat wisatawan mancanegara maupun nusantara, kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Seperti Semarak Wayang Pesona Indonesia (SWPI) itu sendiri adalah upaya transformasi wujud pertunjukan wayang kulit klasik, wayang golek dan wayang orang pada umunya. Namun dalam  SWPI dihadirkan dalam wujud baru, bentuk kolaborasi dengan paduan dan sentuhan konsep modern, artinya penggagas dan pelaku atau praktisi seni mampu membaca tradisi dengan cara- cara modern. Gabungan materi pertunjukan wayang kulit, wayang golek dan wayang wong adalah sebagai modal dalam menciptakan bentuk pertunjukan kolaborasi untuk keperluan atraksi wisata budaya.

Lakon “Palagan di Alengka”, mengangkat kisah dari epos Ramayana tentang cikal bakal peperangan Rahwana sang Penguasa Alengka yang penuh angkara dengan Prabu Rama raja Ayodya. Kisah peperangan antara kejahatan dan kebaikan inilah kekuatan dari lakon wayang yang penuh filosofi hidup, sebagai gambaran pilihan antara salah dan benar, baik dan buruk.

Menurut Arief Yahya, era modern seperti saat ini potensi wayang dapat dijadikan sarana untuk mendukung pariwisata Indonesia. Mengingat semenjak tahun 2003, UNESCO telah menetapkan Wayang Indonesia menjadi Masterpiece Budaya Dunia”.

“Sangat realistis dalam situasi dan kondisi saat ini, di mana kita dapat menempatkan posisi wayang sebagai seni adiluhung, sebagai seni yang penuh makna nilai-nilai tuntunan dan tontonan, sehingga pariwisata mempunyai peran dalam memanfaatkan potensi wayang sebagai atraksi pariwisata budaya”, katanya.

“Penghargaan dari UNESCO ini tidak serta merta kedudukan wayang hanya sekedar pelestarian dan pengembangan saja, namun perlu adanya pemanfaatan wayang itu sendiri untuk keberlangsungan yang semakin positif”, ungkap Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pariweisata Nusantara.

Menurutnya, kedudukan wayang sebagai masterpiece Dunia supaya tidak dicabut pengakuan tersebut, justru eksistensi wayang harus tetap hidup, tumbuh, lestari, berkembang dan bermanfaat dalam kehidupan masyarakat untuk lebih sejahtera baik lahir maupun batin. Kehadiran para akademisi dan praktisi wayang yang kreatiflah yang sangat diharapkan untuk menjadikan wayang tetap hidup dan berkembang serta bermanfaat.

Kepala Bidang Promosi Wisata Budaya, Wawan Gunawan menerangkan, upaya merekonstruksi kembali struktur pertunjukan dalam tradisi wayang dengan cara-cara modern namun tidak meninggalkan esensinya, inilah yang menjadikan wayang tetap digemari masyarakat. “Wayang lahir dalam bentuk kemasan kekinian yang memainkan peranan teknologi modern dalam pengemasan sehingga kedudukan wayang mampu beradaptasi dengan zaman”, tegasnya.

Hart semusim lagi di Serie A ?

 

Litefmjakarta.com, Jakrta - Joe Hart menegaskan dirinya siap untuk terus bermain di Serie A bersama Torino, Jika itu memang yang akan terjadi padanya.  

"Tentu saja itu tidak akan menjadi bencana. Serie A adalah liga yang kuat, saya juga akan bermain di tim inti. Saya ingin berpikiran bahwa saya bisa meraih kebahagiaan di manapun saya bermain," tutur Hart menurut Daily Star.

Kiper Inggris, yang dipinjamkan ke Turin di Agustus, mengungkap bahwa tidak ada terlalu banyak klub yang meminatinya saat ini.

Josep Guardiola, manajer Manchester City yang menendangnya dari Etihad karena tidak puas dengan kemampuan Hart dalam membagi bola, hingga kini tak menunjukkan tanda-tanda ingin kembali menampung pemain berusia 29 tahun.(rah)

 

Saraf Tepi, Support System Paling Penting Dalam Tubuh

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Dalam hidup, kita membutuhkan dukungan atau bantuan dari pihak lain (support system). Seperti halnya dalam tubuh, kerja berbagai organ penting dalam tubuh seperti denyut jantung, tekanan darah, gerakan saluran pencernaan serta menerima rangsangan dari luar dikoordinasikan oleh support system, yaitu Saraf Tepi.

Namun, tidak banyak yang menyadari fungsi penting saraf tepi. Oleh karena itu, PERDOSSI dan MERCK mengajak untuk menyadari pentingnya saraf tepi, menjaga kesehatannya dan melakukan pencegahan kerusakan saraf tepi atau neuropati melalui tema “Bergerak Bersama #Lawan Neuropati”.

Ketua Kelompok Studi Neurofisiologi dan Saraf Tepi PERDOSSI Pusat, dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K), mengungkapkan, sistem saraf merupakan system di dalam tubuh manusia yang terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Saraf tepi berfungsi sebagai penghubung antara saraf pusat (otak dan sumsum belakang) dengan seluruh organ tubuh (organ dalam, mata, pendengaran, penghidu, kelenjar keringat, kulit dan otot - otot).

“Apabila saraf tepi mengalami kerusakan maka akan muncul gejala-gejala seperti kesemutan, kebas, kram, dan kelemahan otot. Kondisi seperti inilah yang disebut dengan neuropati,” ujarnya saat ditemui di acara Neurobion Media Workshop, di Jakarta (23/3/2017).

Menurutnya, gaya hidup yang tidak sehat, penderita diabetes, usia lanjut dan aktivitas dengan gerakan berulang dapat menjadi faktor risiko neuropati. Pencegahan dan pengobatan dini neuropati sangat penting untuk dilakukan mengingat kerusakan saraf akan bersifat irreversible apabila kehilangan serabut saraf diatas 50% .”

dr. Manfaluthy Hakim menambahkan, mengingat pentingnya fungsi saraf tepi bagi tubuh, kesehatan saraf tepi perlu dijaga sejak dini sebelum terjadi kerusakan pada saraf/neuropati.

“ini dapat dilakukan dengan menjalani gaya hidup yang sehat, melakukan deteksi awal neuropati, melakukan olah raga secara teratur seperti Neuromove, serta cukupi asupan vitamin neurotropik (vitamin B1, B6, dan B12) supaya saraf dapat bekerja dengan baik.” Jelasnya.

Dalam acara tersebut, salah satu pasien neuropati, Sri Wahyuningsih, menyampaikan testimoni bahwa dia sebelumnya tidak terlalu memperdulikan kesehatanya.

“Awalnya, Saya tidak terlalu memperdulikan kesehatan saraf, hingga saya menyadari ada yang tidak berfungsi dengan baik dari saraf saja. Saya mengalami Carpal Tunnel Syndrome (CTS). Seandainya Saya melakukan deteksi dini, tentunya kondisi saraf saya akan lebih baik. Saya sangat berterima kasih kepada para dokter saraf yang menangani Saya yang membuat Saya menjadi lebih baik.”

Sementara, Direktur Divisi Consumer Health PT Merck Tbk, Holger Guenzel, mengatakan, pihaknya menyadari pentingnya support system tidak hanya dalam kehidupan namun juga dalam tubuh.

“Oleh karena itu, dalam semangat mengapresiasi sosok pendukung ini, kami bersama dengan PERDOSSI mengedepankan tema Bergerak Bersama #LawanNeuropati. Di sini, kami berharap masyarakat tidak hanya memperhatikan kesehatan sarafnya sendiri, tetapi juga mengingatkan orang-orang terdekat di sekitarnya. Kami sadar ini adalah sebuah langkah yang harus dilakukan bersama dalam mensosialisasikan pencegahan neuropati.” Ungkapnya.

 

Jaknews 2017

Ketua Umum PP PERDOSSI dan Konsultan Neurologis, Prof. Dr. dr. Moh Hasan Machfoed, Sp.S(K), M.S, mengatakan, tema Bergerak Bersama #Lawan Neuropati menjadi penting karena menunjukkan sinergi dan  ajakan bagi semua pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai neuropati. Selain edukasi langsung pada masyarakat.

“Gerakan ini juga merupakan bagian dari acara kerja sama PERDOSSI dan MERCK yakni Jakarta Neurology Exhibition Workshop and Symposium (Jaknews) 2017 yang puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 26 Maret 2017.” ujarnya.

Jaknews 2017 terdiri dari  kegiatan seminar workshop dan edukasi bagi dokter spesialis saraf se-Indonesia dan fun walk juga senam NeuroMove bersama yang akan diikuti oleh lebih dari 5000 orang yang terdiri dari para dokter spesialis saraf, anggota PERDOSSI, pasien dengan neuropati dan anggota dari berbagai komunitas kesehatan yang ada di Jakarta. Kebersamaan ini menunjukan sistem yang bergerak bersama dengan selaras dalam menggaungkan usaha pencegahan neuropati.

 

Neuromobi

Head of Marketing Consumer Health, PT Merck Tbk, Anie Rachmayani  mengatakan, untuk mendukung edukasi neuropati, MERCK konsisten memberikan total solution yang tahun ini dilengkapi dengan Neuromobi yaitu Layanan Pemeriksaan Kesehatan Saraf yang akan menjangkau lebih banyak orang untuk melakukan deteksi dini neuropati.

Neuromobi akan berkeliling ke 4 kota besar di Indonesia untuk melakukan pengecekan kesehatan saraf masyarakat setempat. Selain itu, pihaknya tetap akan melanjutkan sosialisasi NeuroMove yang merupakan senam kesehatan saraf ke komunitas senam dan masyarakat awam, bekerja sama dengan instansi pemerintah dan melakukan edukasi melalui media sosial.

Keseluruhan program dukungan dari Merck terhadap support system terpenting bagi tubuh ini, kami rangkum dalam tema Pahlawan Sejati, yang mengajak semua pihak untuk menyadari peran penting saraf dan menjaga kesehatannya.” Tutupnya.(rah)

Brad Pitt Ditawari Gabung Film Deadpool 2

Litefmjakarta.com, Jakarta – Aktor Brad Pitt ternyata benar-benar mendapat tawaran bermain di Film Deadpool 2.  Adalah Boss Logic yang mengonfirmasi kabar itu lewat akun Twitternya.  

Menurutnya, dia sempat mengajak aktor berusia 53 tahun itu agar turut ambil bagian dalam film garapan mereka.

"Ini adalah konsep resmi @deadpoolmovie2, Pitt tampak luar biasa #cable @robertliefeld," tulis Boss Logic, dilansir dari Aceshowbiz, Sabtu (25/3).

Boss Logic mengunggah foto Brad Pitt yang sedang bersanding dengan karakter Cabel. Namun satu hari pasca diunggah, Boss Logic menghapus foto tersebut.

Sejauh ini, Fox yang menjadi penanggungjawab Film Deadpool 2 belum memberikan konfirmasi terkait hal tersebut.

Sebelumnya diketahui, Michael Shannon merupakan aktor yang akan mendapat peran utama. Sementara Brad Pitt belum mengambil keputusan apakah menerima atau menolak tawaran tersebut.(ans/rah)

Peringati Hari Air Sedunia; Pompa Air Panasonic Kembali Pecahkan Rekor Muri

 

Litefmjakarta.com, Jakarta – Memperingati Hari Air Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret 2017, Panasonic kembali berusaha memecahkan Rekor MURI dengan Pompa Air Bekerja 100 Jam Tanpa Henti.

“Kali ini pompa air Panasonic menggerakkan Replika 10 Air Terjun di Indonesia, selama 5 hari, dimulai dari 22 Maret 2017 dan berakhir pada 26 Maret 2017,” ujar Rawenda, Product Marketing Water Pump PT Panasonic Gobel Indonesia.

Menurutnya, dalam pemecahan Rekor MURI ini ditampilkan 10 pompa air, salah satunya adalah GA-126JAK yang merupakan varian terbaru dari pompa air Panasonic. Kualitas dari pompa air GA-126JAK ini akan ditunjukkan dengan menggerakkan salah satu replika wisata air terjun di Indonesia dalam kegiatan Pompa Air Bekerja 100 Jam Tanpa Henti.

Dijelaskan, Panasonic ingin menunjukkan komitmen untuk menyediakan produk dan pelayanan berdasarkan ide-ide yang akan memperkaya gaya hidup dan membantu memajukan masyarakat.

“Replika air terjun yang digerakan oleh pompa air Panasonic ini akan menampilkan dengan jelas bagaimana proses kerja mesin dalam menarik dan mendorong air sehingga menggerakkan air terjun,” jelasnya.

Untuk kedepannya, Panasonic masih terus tertantang untuk memecahkan rekor yang lebih lama lagi sebagai bukti kualitas dan performance produk kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Dunia,” tambah Rawenda.

Marketing Director PT Panasonic Gobel Indonesia Mr. Naoyuki Tada, mengatakan, Panasonic berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang menghadirkan one-stop solution dalam menjawab kebutuhan hidup masyarakat.

Panasonic juga menawarkan produk yang ramah lingkungan melalui material yang berbasis eco-energy di antaranya mengurangi penggunaan logam, saving energy dan optimalisasi daur ulang limbah.

“Salah satunya dengan berbagai jenis pompa air yang mampu menjawab kebutuhan akan air bersih masyakat Indonesia.” jelasnya

Corporate Communications Manager PT. Panasonic Gobel Indonesia, Viya Arsawireja mengungkapkan, sejalan dengan slogan Panasonic A Better Life A Better World dan sebagai bentuk komitmen Panasonic Gobel Indonesia, Panasonic berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karenaya, dalam kesempatan ini pihaknya juga mendonasikan 100 unit pompa air kepada 100 titik fasilitas umum yang tersebar di Jabodetabek.

“Panasonic akan bekerja sama dengan Lions Club Jakarta Monas Kalingga untuk mendistribusikan seluruh unit pompa air ke lokasi yang membutuhkan sumber air bersih tersebut,” pungkasnya.

Panasonic sebelumnya telah berhasil mencetak rekor MURI dengan Pompa Air Bekerja 30 Jam Tanpa Henti pada tahun 2009. (rah)

ITW: Permenhub 32/2016 Solusi Efektif & Adil

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Kendati terlambat,Indonesia Traffic Watch (ITW) mendukung Polri dan Pemerintah yang akan memberlakukan persyaratan untuk semua kendaraan bermotor yang dijadikan sebagai angkutan umum berbasis online, sesuai dengan Permenhub No 32/2016.

“ Solusi efektif dan berkeadilan bagi para pelaku usaha angkutan umum adalah penegakan hukum,” kata ketua presidium ITW, Edison Siahaan, Selasa (21/3).

                Menurutnya,teknologi informasi merupakan kemajuan yang tidak mungkin di tolak. Seperti kehadiran angkutan umum berbasis online. Tetapi, jangan sampai menimbulkan gejolak bahkan konflik seperti yang sudah terjadi di sejumlah daerah.

Edison melanjutkan, pemerintah sebagai regulator harus mampu memelihara kesimbangan,dan kelanjutan usaha angkutan umum konvensional. Sehingga tidak ada yang menjadi korban diskriminasi kebijakan yang tidak di tegakkan. Apalagi kelompok usaha angkutan konvensional selama ini sudah terbukti menyerap tenaga kerja dan memberikan kontribusi pada sektor  penerimaan pajak Negara. 

Kehadiran teknologi harus menambah manfaat bagi peningkatan ekonomi pelaku usaha angkutan umum baik itu konvensional maupun yang berbasis online. Agar asas keadilan dalam persaingan usaha tetap terjaga, pemerintah harus menerapkan standar persyaratan yang sama, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pemerintah sebagai regulator harus menjamin iklim kompentensi yang sehat. Caranya, menerapkan standar persyaratan yang sama dan adil,” tegas Edison.

Dikatakan, penerapan Permenhub 32/2016 pada 1 April mendatang adalah solusi efektif  untuk mencegah ketegangan para pelaku usaha angkutan konvensional dengan yang berbasis online.

ITW berharap sosialisasi dan diterapkannya Permenhub 32/2016 menjadi win-win solution bagi semua pihak. Sekaligus pemahaman bagi masyarakat bahwa untuk mendapatkan pelayanan yang mudah dan murah harus dengan cara yang legal.(rah)

Robert Downey Jr Perankan Doctor Dolittle

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Robert Downey Jr dikabarkan akan memerankan tokoh Doctor Dolittle dalam film terbarunya, yakni The Voyage of Doctor Dolittle. Dalam film ini, aktor 51 tahun itu dapat berbicara dengan para hewan.

Kabar itu datang setelah Universal Pictures berhasil memenangkan pertempuran untuk kembali menghadirkan film Doctor Dolittle ke dalam layar lebar, sebagaimana dilansir dari Aceshowbiz, Rabu (22/3).

The Voyages of Doctor Dolittle merupakan seri kedua dari novel Doctor Dolittle yang ditulis oleh Hugh Lofting. Maka itu menjadi film ketiga dari Doctor Dolittle yang telah hadir ke layar lebar.

Film adaptasi pertama Doctor Dolittle rilis pada 1967 silam yang diperankan oleh Rex Harrison dan masuk nominasi untuk kategori film terbaik di ajang Piala Oscar. Sedangkan film adaptasi kedua dirilis pada 1998 yang diperankan oleh Eddie Murphy.

Sejauh ini belum diketahui perihal jadwal rilis film Doctor Dolittle yang diperankan oleh bintang Iron Man tersebut. Namun laporan itu mengklaim bahwa film akan disutradari oleh Stephen Gaghan. (ans)

Pameran CPhI South East Asia & Hi SEA2017 Resmi DIbuka

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Republik Indonesia, Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD., secara resmi membuka pameran niaga bahan baku industri farmasi Convention on Pharmaceutical Ingredients South East Asia (CPhI SEA) 2017.

Bersamaan dengan CPhI South East Asia 2017, UBM juga menggelar Health ingredients South East Asia (Hi SEA) 2017 yang menghadirkan bahan baku industri pangan fungsional, nutrasetikal serta produk nutrisi dan kesehatan. CPhI SEA and Hi SEA akan berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran dari tanggal 22 hingga 24 Maret 2017, di Jakarta Internasional Expo – Kemayoran. Kegiatan ini membuka peluang bagi para profesional industri farmasi, nutrisi dan kesehatan untuk saling bertukar informasi, pengalaman, ide dan memperkuat jaringan bisnis di kawasan ini.

Brand Director Pharma UBM EMEA, Rutger Oudejans,  mengatakan, pihaknya bangga dapat kembali menghadirkan CPhI South East Asia di Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah platform terpercaya bagi profesional industri, pembuat kebijakan, dan asosiasi niaga untuk mendapatkan informasi pasar, tren serta inovasi terkini yang dapat mendorong pertumbuhan industri farmasi. CPhI South East Asia menghadirkan rangkaian lengkap rantai produksi farmasi mulai dari bahan baku, mesin dan teknologi, produk kemasan hingga layanan kontrak industri.

“Kali ini, kami membawa lebih banyak konten regional ke CPhI SEA 2017 melalui konferensi bertajuk “The Dynamics of Pharmaceutical Industry in South East Asia”, Pharma Investment Forum, Pharma Packaging Forum, Innovation Gallery, Exhibitor Showcase dan aktivitas lainnya. Kami juga memfasilitasi pertemuan bisnis di antara profesional industri melalui program Business Matching online yang mudah dan efisien.” Jelasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi industri manufaktur besar dan sedang pada 2016 naik 4 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Industri farmasi nasional (produk obat kimia dan tradisional) mampu menjadi penyumbang kenaikan terbesar dalam mendorong kenaikan produksi manufaktur tersebut, yaitu dengan mencatatkan kenaikan produksi sebesar 8,01 persen.

Selain itu, Indonesia masuk dalam 10 besar pasar global untuk kesehatan dan kebugaran, karena konsumen Indonesia saat ini sudah semakin sadar akan pola makan sehat dan rela mengadopsi pola makan khusus demi bisa mengatasi berbagai masalah gangguan kesehatan.

Para produsen obat dan pangan fungsional di Indonesia saat ini mulai mengalihkan perhatian mereka ke potensi ekspor, khususnya bahan baku farmasi dan pangan fungsional yang belum dimanfaatkan dengan maksimal. Di sisi lain, tingkat permintaan yang datang dari para investor dan perusahaan internasional meningkat cepat demi memanfaatkan keterbukaan potensi pasar yang lebih luas. Kondisi pertumbuhan pasar yang meningkat, memunculkan peluang-peluang baru untuk para pemain industri farmasi dan pangan fungsional di ASEAN dan juga untuk para investor asing.

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Republik Indonesia, Dra. Maura Linda Sitanggang, Apt, PhD., mengatakan, beberapa tahun ini, industri farmasi Indonesia mulai berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan.

Menurutnya, industri farmasi Indonesia diharapkan dapat bertransformasi menjadi industri farmasi yang berbasis riset dan pengembangan agar struktur industri farmasi di Indonesia dapat semakin kuat dan mampu bersaing di pasar obat. Upaya kemandirian bahan baku obat sejalan dengan roadmap pengembangan industri farmasi dimana di dalamnya mencantumkan bahwa pengembangan industri farmasi meliputi pengembangan bahan baku kimia, herbal, biologi, vaksin dan suplemen kesehatan.

“Roadmap diharapkan dapat menjadi panduan bagi industri farmasi untuk memproduksi bahan baku obat di dalam negeri, sehingga diharapkan pada tahun 2025 Indonesia dapat mengurangi ketergantungan terhadap impor bahkan menjadi pengekspor obat dan bahan baku obat.” Ujarnya.

Lebih lanjut Maura Linda Sitanggang, mengatakan, Indonesia telah menjadi tuan rumah pameran CPhI SEA sejak tahun 2012 dan dalam setiap penyelenggaraannya selalu mendapat sambutan yang antusias, bukan hanya dari Indonesia, tapi juga dari negara-negara ASEAN lainnya. Pemilihan Indonesia sebagai tempat dilaksanakan CPhI diantaranya karena Indonesia membutuhkan bahan baku obat dan teknologi produksi farmasi yang cukup besar untuk mendukung manufaktur lokal di Indonesia.

Selain itu, sesuai dengan roadmap pengembangan Industri farmasi, Indonesia akan menjadi tempat investasi yang menjanjikan untuk produksi bahan baku obat dan produk inovasi kesehatan. Pameran CPhI SEA telah menjadi forum bagi industri farmasi untuk melihat prospek tren inovasi dalam pengembangan bahan baku farmasi, bahan kemasan dan teknologi produksi, yang diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan dan pengembangan industri farmasi nasional maupun regional. Pameran ini juga dapat meningkatkan kolaborasi diantara industri farmasi, suplemen kesehatan dan produsen bahan baku internasional. Kolaborasi bersama ini akan menjaga keberlanjutan kualitas bahan baku di pasar serta peningkatan investasi bahan baku farmasi.”

Lebih lanjut Rutger Oudejans menambahkan, pihaknya berharap CPhI South East Asia dapat terus berkontribusi pada pertumbuhan industri farmasi di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. “Dengan jumlah produsen terbanyak, Indonesia tepat menjadi tuan rumah CPhI South East Asia dan dapat berkembang menjadi basis manufaktur industri farmasi di Asia Tenggara .” tambahnya.

Bersamaan dengan CPhI South East Asia, Health ingredients (Hi) South East Asia juga menghadirkan konten berkualitas bagi para profesional industri pangan melalui konferensi yang diberi tajuk  “Revitalising & Repositioning Functional Foods and Nutraceuticals as Essential Indicators of Wellness” yang diselenggarakan bekerja sama dengan Perhimpunan Penggiat Pangan Fungsional dan Nutrasetikal Indonesia – P3FNI. Pada kesempatan kali ini, P3FNI juga akan menggelar kongres pertamanya.

CPhI South East Asia 2017 dan dan Hi SEA 2017 mencatat lebih dari 200 peserta pameran dengan pavilion nasional dan grup dari Korea, China serta India. Selama tiga hari pameran, CPhI South East Asia 2017 dan Hi South East Asia mengharapkan kehadiran lebih dari 5,000 profesional industri.

Batman Kembali Terkendala

 

Litefmjakarta.com, Jakarta - Masalah internal Batman tampaknya belum usai. Kini sutradara Matt Reeves dilaporkan membatalkan skrip The Batman yang ada saat ini dan akan ditulis ulang dari awal.

Dilansir dari Aceshowbiz, Senin (20/3), pengganti penulis skrip masih belum diketahui. Begitu pula dengan alasan penggantian skrip yang sangat dirahasiakan. Sebelumnya, masalah terjadi setelah Ben Affleck mengundurkan diri dari sutradara.

Selain itu, pemeran utama pria juga baru saja diperiksa ke rehabilitasi. J.K. Simmons yang berperan sebagai Komisaris Gordon baru-baru ini mengatakan, dia sendiri tidak yakin dengan kesuksesan sekuel Batman jika masalah terus terjadi.

“Mudah-mudahan ini menjadi film yang sesuai dengan komik, meski terjadi berbagai masalah,” kata Simmons.(ans)